|
Proposal ini disusun dalam rangka membantu
kelancaran operasional / pelaksanaan KKN POSDAYA Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon Semester 7 (tujuh) 2014 / 2015 di Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.
Cirebon, Agustus 2014
Koordinator Mahasiswa Desa
Hengki Setiawan
NPM. 111050170
|
Sekretaris
Rima Anesti
NPM. 111060051
|
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Lapangan
Dwiniasih, S.Pd., M.Pd.
|
|
Pembangunan di Indonesia ditujukan ke semua bidang, tidak
terkecuali bidang pendidikan, ekonomi,dan
sosial(pemberdayaan lingkungan). Hal ini belum mampu
dipenuhi oleh pemerintah secara optimal, dikarenakan kurangnya keikutsertaan
fungsi keluarga sebagai pendidikan dasar bagi masing-masing individu. Pembangunan pada tiga bidang tadi
sangat berpengaruh dalam membangun masyarakat Indonesia. Pendidikan tiap
manusia Indonesia menunjang kemajuan bangsa di berbagai bidang. Peran serta
dari berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan ketiga bidang tersebut, termasuk
oleh pihak akademisi termasuk mahasiswa.
Universitas Swadaya Gunung Jati sebagai salah satu
lembaga pendidikan yang berada di kawasan kabupaten Cirebon memiliki kewajiban untuk
berperan serta secara aktif dalam pembangunan di bidang kelembagaan pendidikan, ekonomi serta, sosial(pemberdayaan lingkungan). Peran serta tersebut
bukan hanya dilakukan oleh
mahasiswanya saja, namun juga masyarakat di sekitar
kampus ataupun masyarakat luas. Salah satu bentuk peran serta aktif tersebut
adalah dengan diadakannya Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN
POSDAYA) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
(LPPM) Unswagati dan dilaksanakan oleh mahasiswa Unswagati yang dilaksanakan di
Kabupaten Cirebon.
Desa Suci sebagai
salah satu desa di kecamatan Mundu secara demografis memiliki banyak
potensi, diantaranya yang dominan adalah di bidang industri, dan kewirausahaan.
Namun, pada kenyataan yang diperoleh di lapangan, berbagai potensi tersebut
selama ini belum dapat dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat terkait,
ditambah lagi beberapa bidang masih belum optimal. Diantaranya, Pendidikan dan
sosial kemasyarakatan. Untuk itu berdasarkan permasalahan di atas,
dilaksanakanlah program oleh tim Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga
(KKN POSDAYA) Desa Suci Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon sebagai salah satu upaya
untuk mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai anggota masyarakat.
I.
NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama “Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN
POSDAYA)” Universitas Swadaya Gunung Jati Tahun 2014.
II.
DASAR KEGIATAN
Dasar kegiatan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata
(KKN) adalah :
A.
Undang-Undang
Nomor : 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendididkan Nasional.
B.
Peraturan
Pemerintah Nomor : 17 Tahun 2010 jo. PP Nomor 66 Tahun 2010 tentang
Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pendidikan.
C.
Peraturan
Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor : 2 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan
Jangka Menengah (RPJM) Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2008-2013.
D.
Naskah Kesepahaman antara
Yayasan Dana Sejahtera Mandiri dengan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
Nomor : 060/MOU/YDSM/XI/2012 tentang Peningkatan Sumber Daya Manusia dan
Pemberdayaan Masyarakat melalui KKN Tematik Posdaya.
E.
Keputusan Gubernur Jawa Barat
Nomor : 423./Kep.901-Yansos/2011 Tentang Forum Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik
Perguruan Tinggi Se-Jawa Barat.
III.
TUJUAN DAN MANFAAT KEGIATAN
A.
Tujuan
KKN
Tujuan
penyelenggaraan KKN Tematik-Posdaya antara lain :
-
Pengembangan
dan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa sehingga memiliki
kepedulian dan kemampuan untuk mengkaji, merumuskan dan memecahkan
masalah-masalah kemasyarakatan yang berbasis kompetensi, profesional, pragmatis
dan interdisipliner.
-
Dicapainya
akselerasi dan efektivitas program pembangunan yang ditandai oleh semakin
baiknya kualitas kehidupan masyarakat dan semakin meningkatnya partisipasi dan
keberdayaan masyarakat dalam program pembangunan.
-
Terintegrasikan
peran-Perguruan Tinggi, Pemerintah dan masyarakat dalam upaya peningkatan
kesejahteraan masyarakat.
-
Meningkatkan
empati dan kepedulian mahasiswa dalam mempelajari dan mengatasi permasalahan
masyarakat dengan membantu menyusun rencana dan mendampingi pelaksanaan program
yang inovatif dan kreatif bersama masyarakat dan lembaga pedesaan/kelurahan
lainnya.
B.
Manfaat
Kegiatan
Manfaat dari
kegiatan ini adalah sebagi wadah, sarana atau forum yang dapat mendukung
pelaksanaan dan peningkatan kemampuan fungsi-fungsi keluarga, sehingga memiiki
ketahanan sosial dan ekonomi yang memadai dari seluruh anggotanya. Sarana ini
diharapkan dapat menjadi ajang bagi semua anggota untuk aktif berpartisipasi dalam membantu memecahkan masalah-masalah keluarga sehingga terpenuhi
kebutuhan bersama.
IV.
TEMA KEGIATAN
“Pemberdayaan potensi lokal dalam rangka meningkatkan IPM Kabupaten
Cirebon”
V.
PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pos Pemberdayaan
Keluarga (KKN POSDAYA) Desa Suci akan dilaksanakan pada :
Waktu : 12 Agustus - 17 September 2014
Tempat : Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.
VI.
SASARAN
Sasaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata
Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA), yaitu:
1.
Meningkatnya percepatan pembangunan masyarakat provinsi Jawa barat
yang meliputi a) peningkatan kualitas pendidikan. b) peningkatan kualitas
kesehatan. c) peningkatan daya beli masyarakat. d) kemandirian pangan. e)
peningkatan daya kerja aparatur. f) peningkatan infrastruktur wilayah. g)
kemandirian energi dan kecukupan air baku. h) penangganan bencana dan
pengendalian lingkungan hidup. i) pembangunan perdesaan. J) pengembangan budaya
lokal,wisata dan destinasi wisata.
2.
Memberikan pengalaman dan
keterampilan kepada mahasiswa tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi
secara interdispliner dalam memecahkan masalah – masalah dalam pemberdayaan
masyarakat serta menumbuhkan dan
mengembangkan keperdulian dan tanggungjawab sosial terhadap kemajuan
masyarakat.
3.
Meningkatannya kemampuan
berpikir dan bertindak warga masyarakat dalam memecahkan masalah serta memenuhi
kebutuhan hidup dan penghidupannya serta kemampuan untuk merencanakan ,
melaksanakan dan mengevaluasi program – program pembangunan di daerahnya.
4.
Meningkatan kemampuan dan
partisipasi Perguruan Tinggi untuk kekerjasama dengan pemerintah maupun pihak –
pihak lainnya dalam pembangunan masyarakat . Disamping itu juga KKN Tematik –
Posdaya dapat memberi masukan bagi pengembangan kurikulum yang disesuaikan
dengan kebutuhan pembanguanan.
5.
Tercapainya perubahan kerah
pembangunan masyarakat yang lebih maju,
kreatif dan produktif. Sehingga terwujud kondisi sosial ekonomi yang dirasakan
lebih harmonis.
6.
Meningkatnya pengertian,
penghayatan dan pengalaman mahasiswa tentang cara berpikir dan bekerja
interdispliner dan lintas sektoral, kegunaan hasil pendidikan bagi pembangunan,
dan kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan serta
keseluruhankonteks masalah pembangunan pengembangan daerah.
7.
Meningkatnya kedewasaan alam
pikir mahasiswa dalam penelaah dan pemecahan masalah yang ada di masyarakat
secara pragmatis.
8.
Terbentuknya Posdaya
sebagai sarana pemberdayaan keluarga dan penduduk untuk pengembangan SDM
pengentasan kemiskinan.
9.
Terbentuknya pengurus Posdaya
melalui fasilitas yang diberikan atau diupayakan oleh mahasiswa yang dilakukan
melalui pemanfaatan potensi SDM dan sumber daya lainnya yang ada di sekitar mereka.
10. Unswagati lebih terarah dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan
kepada masyarakat dengan adanya umpan balik sebagai hasil intergrasi antara
mahasiswa dengan masyarakat.
VII. KONDISI DAERAH SASARAN
KKN
7.1 Lokasi Pelaksanaan
Lokasi tempat KKN bertempat di Desa Suci Kecamatan
Mundu Kabupaten Cirebon, dengan batas-batas sebagai berikut:
Sebelah
utara : Desa Mundu Pesisir
Sebelah selatan : Desa
Banjar
Sebelah
barat : Desa Kalijaga
Sebelah
timur : Desa Mundu Pesisir
7.2 Analisis
Situasi dan Kondisi
Kondisi secara umum Desa Suci berdasarkan hasil
obsevasi lapangan adalah sebagai berikut:
·
Jumlah warga
Jumlah warga di Desa Suci tergolong lebih sedikit
dibandingkan di beberapa desa di Kecamatan Mundu dengan jumlah sebanyak 3205 jiwa.
·
Pendidikan
Pendidikan masyarakat di desa Suci sudah mulai tumbuh
dengan baik, hal ini dibuktikan dengan keinginan masyarakat untuk sekolah
minimal SMA. Namun tidak dipungkiri bahwa masih ada penduduk yang buta aksara,
namu hal ini hanya berjumlah 115 orang dari seluruh penduduk di desa suci.
·
Pekerjaan
Sebagian besar warga di Desa Suci bekerja sebagai
buruh di pabrik-pabrik dan sebagian lagi bekerja sebagai petani di desanya. Hal
ini mengakibatkan suasana lengang ketika menjumpai suasana desa ketika pagi
sampai siang hari.
·
Kondisi ekonomi
Perekonomian di Desa Suci termasuk ke dalam desa yang
pertumbuhan ekonominya baik, hal ini terbukti dengan kondisi bangunan rumah di
tiap-tiap kepala keluarga. Dimana hampir setiap rumah bisa dikategorikan rumah
layak huni.
·
Sosial budaya
Kehidupan sosial budaya di Desa Suci sangat baik
dikarenakan jiwa gotong royong yang masih kental dalam kehidupan sehari-hari.
Misalkan dalam pendirian sebuah rumah, masyarakat bergotong royong dalam
mendirikan rumah yang akan dibangun. Selain itu, ketika diadakan kerja bakti
dalam pembersihan keadaan lingkungan maka dengan satu komando dari ketua RW
atau Perangkat desa, masyarakat akan ramai-ramai melaksanakan kegiatan
tersebut.
·
Kondisi pengamalan ibadah
Untuk keadaan pengamalan ibadah sudah cukup baik
dikarenakan tempat-tempat ibadah di Desa Suci sudah dapat dimanfaatkan dengan
baik oleh masyarakat sekitar. Jadi, pengamalan ibadah tidak perlu dipertanyakan
lagi.
·
Jumlah masjid dan mushola
Untuk jumlah masjid di Desaada 1 dimana letaknya sangat
strategis yaitu di seberang jalan utama dan mushola sudah ada beberapa yang
terletak di blok masing-masing dengan posisi yang startegis pula.
Bidang kegiatan yang dipilih dapat dijelaskan sebagai
berikut:
Bidang
|
Kondisi di Desa Suci
|
Pendidikan
|
Pendidikan secara garis luar sudah baik, tetapi ketika dilihat lebih
seksama ternyata ada beberapa kelemahan mulai dari sarana dan prasarana, SDM,
teknik mengajar,dll.
|
Lingkungan
|
Secara sekilas kondisi lingkungan sudah bersih, tetapi ada beberapa hal
yang perlu dipehatikan. Mulai dari ketersediaan TPA, tong sampah yang berbeda
untuk sampah organic dan anorganik, pemanfaatan lahan kosong dll.
|
Ekonomi
|
Jiwa wirausaha yang ada di masyarakat baru mulai tumbuh dan belum
berkembang secara maksimal. Hal ini dibuktikan dengan pekerjaan warga yang
sebagian memilih sebagai pekerja bukan pemilik lapangan pekerjaan
(wirausaha).
|
7.3 Analisa Permasalahan
Analisis situasi kondisi (SWOT) bidang kegiatan yang
akan dilaksanakan :
A. Pendidikan
·
Strength (Kekuatan)
Paradigma masyarakat tentang pentingnya pendidikan
sudah ada
·
Weakness (Kelemahan)
Sarana, prasarana, SDM dan teknik mengajar
·
Opportunity (Peluang)
Bisa menjadi desa yang maju secara IPTEK
·
Treath (Ancaman)
Paradigma tentang sekolah kota lebih baik
B. Lingkungan
·
Strength (Kekuatan)
Tingkat kebersihan lingkungan yang sudah baik
·
Weakness (Kelemahan)
Tempat pembuangan sampah akhir yang belum ada dan
pembedaan terhadap sampah organik dan anorganik.
·
Opportunity (Peluang)
Pemanfaatan sampah organik untuk pembuatan pupuk
kompos dan anorganik (plastic) untuk dijual.
·
Treath (Ancaman)
Tidak adanya tempat pembuangan akhir untuk sampah.
C. Ekonomi
·
Strength (Kekuatan)
Masyarakat sudah mulai mau untuk berwirausaha
·
Weakness (Kelemahan)
Permodalan dan sistem pemasaran
·
Opportunity (Peluang)
Muncul pengusaha-pengusaha muda yang dapat membangun
perekonomian desa
·
Treath (Ancaman)
Permodalan dan pengembangan usaha kecil
2.2. Langkah Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah dengan memperhatikan
situasi kondisi yang ada di lokasi KKN, yaitu:
No.
|
Bidang
|
Langkah-langkah pemecahan masalah
|
1.
|
Pendidikan
|
·
Melakukan observasi
ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada.
·
Mencari
permasalahan yang dihadapi.
·
Memberikan solusi
terhadap permasalahan yang ada.
·
Merealisasikan
solusi yang sudah ditemukan.
|
3.
|
Lingkungan
|
·
Melakukan observasi
ke lingkungan sekitar desa.
·
Meneliti
permasalahan yang ada terkait lingkungan.
·
Memberikan solusi
terhadap permasalahan yang ada dan mungkin untuk dilaksanakan.
·
Merealisasikan
solusi yang sudah ditemukan.
|
4.
|
Ekonomi
|
·
Melakukan observasi
ke lingkungan desa.
·
Mencari
permasalahan yang ada.
·
Memberikan solusi
terhadap permasalahan yang ada.
·
Merealisasikan
solusi yang sudah ditemukan.
|
VIII
RENCANA PROGRAM KERJA
Terlampir
SUSUNAN
TIM KKN
Terlampir
ANGGARAN
DANA
Terlampir
PENUTUP
Keberhasilan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pos
Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) ini tidak hanya bergantung pada tim Kuliah
Kerja Nyata Pos Pemberdayaan Keluarga (KKN POSDAYA) semata namun sangat
bergantung pada kerjasama semua pihak yang terkait. Oleh karena itu bantuan dan dukungan baik moril maupun material
sangat kami harapkan.
Lampiran I
SUSUNAN TIM KKN
POSDAYA
DESA SUCI KECAMATAN MUNDU
KABUPATEN CIREBON
Penanggung jawab :
Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, MP
(Rektor Unswagati)
Penasehat : Kepala Desa Suci, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon
Koordinator Mahasiswa Desa : Hengki Setiawan
(Pendidikan Bahasa Indonesia)
Sekretaris :
Maya Pertiwi
(Pendidikan Bahasa Indonesia)
Bendahara :
Yulinda
Dwi Anggraeni
(Fakultas Akuntansi)
Penanggung Jawab Bidang :
-Lingkungan :
Resty Cahyani (Pendidikan Ekonomi)
Herfien A F (Administrasi Negara)
Nur Alita Fauziah
(Administrasi Negara)
Nourma Deavianty (Ilmu
Komunikasi)
Heryanto (Pendidikan
Ekonomi)
-Pendidikan
: Roysmanto (Pendidikan Bahasa Inggris)
Dewi Sri W. (Pendidikan Matematika)
Endah P (Pendidikan Ekonomi)
Ika N. A. (Pendidikan Matematika)
Rima Anesti (Pendidikan Bahasa Inggris)
Astri S. K (Pendidikan Bahasa Indonesia)
-Ekonomi
: Bowo Agung N. (Manajemen)
Ahenda Wijaya (Akuntansi)
Jodan C. (Akuntansi)
Winda Aristiarini (Manajemen)
Awan Sari (Akuntansi)
Tri Subono (Agribisnis)
No.
|
Bidang
|
Permasalahan
|
Alternatif Solusi
|
Usulan Kegiatan
|
1.
|
Pendidikan
|
Anak-anak kurang bisa berbahasa inggris
|
Memberikan pelatihan berbahasa inggris
|
Pelatihan bahasa inggris
|
2.
|
Pendidikan
|
Pembekalan baca, tulis dan hitung yang kurang maksimal pada anak-anak
|
Memberikan pelatihan baca, tulis dan hitung
|
pelatihan baca, tulis dan hitung
|
3.
|
Pendidikan
|
Pemuda tidak memiliki keahlian khusus
|
Memberikan pelatihan computer
|
Pelatihan computer dasar
|
4.
|
Ekonomi
|
Ketergantungan masyarakat terhadap pekerjaan sebagai buruh
|
Mengadakan seminar kewirausahaan
|
Seminar kewirausahaan
|
5.
|
Ekonomi
|
Tidak terdapat koperasi unit desa
|
Menggerakan masyarakat untuk membuat koperasi
|
Sosialisasi dan pembuatan koperasi
|
6.
|
Lingkungan
|
Ketidaktahuan masyarakat tentang sampah organik dan non-organik
|
Memberikan penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik
|
Penyuluhan tentang sampah organik dan non-organik
|
7.
|
Lingkungan
|
Tidak terdapat tempat sampah yang bebeda untuk sampah organik dan
non-organik
|
Membuat tempat sampah organik dan non-organik
|
Pembuatan tempat sampah organik dan non-organik
|
8.
|
Lingkungan
|
Tidak terdapat tanaman obat-obatan herbal di pekarangan warga
|
Membuat apotik hidup di sebuah pekarangan
|
Pembuatan apotik hidup di sebuah pekarangan
|
9.
|
Lingkungan
|
SDM di posyandu yang kurang
|
Menambah jumlah SDM di posyandu
|
Ikut dalam pelaksanaan layanan posyandu yang ada
|
LAMPIRAN II
PROGRAM KERJA KKN POSDAYA
1.
PROKER DAN PENJELASANNYA
2.
PROKER DAN WAKTU PELAKSANAANYA
1.
Program Kerja Bidang
Pendidikan
NO
|
PROKER
|
KET.
|
WAKTU
|
TEMPAT
|
JAM
|
1
|
Program
Bimbel
|
Calistung
|
Senin
s/d Rabu
|
Posko
|
16.00-17.30
|
B.
Inggris
|
|||||
Matematika
|
|||||
2
|
Rumah
Pintar
|
B.
Inggris
|
Kamis
s/d Jumat
|
SDN
|
14.00-17.00
|
Matematika
|
|||||
Calistung
|
|||||
3
|
Ayo
Mengaji
|
Pemberian
pengajaran ilmu Tajwid pada masyarakat
|
senin
s/d Jumat
|
Musholah
|
18.00
-19.00
|
4
|
Pengajaran
SDN
|
Memberikan
bantuan tenaga pengajar di SDN 1 Suci
|
Senin,
Rabu, Jumat
|
SDN
1 Suci
|
09.00-10.00
|
5
|
Perintisan
"KPI" (Komunitas Pecinta Ilmu)
|
Pembetukan
organisasi pecinta ilmu di desa suci.
|
20
Agustus 2014
|
Karang
Taruna
|
20.00-
21.30
|
6
|
Musholah
International
|
Pemberian
pengajaran B.Inggris di mushola
|
Selasa
dan Kamis
|
Mushola
|
19.30-20.30
|
2. Program Kerja Bidang
Ekonomi
No
|
Kegiatan
|
Ket.
|
Waktu
|
tempat
|
Jam
|
1
|
Seminar kewriausahaan
|
Memberikan penyuluhan terhadap ibu-ibu
PKK tentang kewirausahaan
|
19-08-14
|
Pelataran kantor kuwu
|
13.00-Selesai
|
2
|
Pelatihan keterampilan ibu PKK
|
Pembuatan kerajinan tangan kain “panel”
|
21-08-14
|
Ruang PKK
|
20.00/21.30
|
3
|
Pelatihan pembuatan dodol mangga
|
Pemanfaatan buah mangga di daerah sekitar
|
23-08-14
|
Posko KKN Suci
|
14.00-17.00
|
4
|
Pencarian “link” penjualan hasil produksi
rumahan
|
Membantu pemasaran produksi
|
01-09-14
|
Pelataran MASJID Suci
|
15.30-17.00
|
5
|
Peritisan koperasi unit desa (KUD)
|
Membantu pemerintah desa dalam membangun
KUD
|
04-09-14
|
Balai Desa Suci
|
20.00-22.00
|
3. Program Kerja Bidang
Lingkungan
No
|
Kegiatan
|
Ket.
|
Waktu
|
tempat
|
Jam
|
1
|
Penyediaan tempat sampah
|
Menyediakan tempat sampah di setiap blok
|
20-08-14
|
|
08.00-12.00
|
2
|
Pemanfaatan lahan kosong untuk sayuran
|
Penanaman Sayur bayam dan kangkung di
pekarangan warga
|
22-08-14
|
Pelataran Masjid Desa Suci
|
10.00-15.00
|
3
|
Pelatihan Lubang Resapan Biopori (LRB)
|
Memberikan pengarahan pembuatan lubang
resapan air.
|
25-08-14
|
Posko
|
10.00-12.00
|
4
|
Penyuluhan tentang sampah organik dan anorganik
|
Membantu masyarakat dalam pengolahan sampah
|
30-08-14
|
Posko
|
16.00-17.30
|
5
|
Penyediaan apotik hidup
|
Pemanfaatan lahan kosong dengan menanam
tanaman obat.
|
31-08-14
|
Pekarangan Masjid Desa Suci
|
14.00-17.30
|
LAMPIRAN
III
ANGGARAN DANA
KKN TEMATIK POSDAYA TA. 2014/2015
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON
- Bidang Pendidikan
-
Alat tulis : Rp.
50.000,-
-
Papan Tulis : 3X@ Rp. 60.000,- Rp. 180.000,-
-
Kertas A4 : Rp.
40.000,-
-
Spidol : 4X@ Rp. 3000,- Rp. 12.000,-
-
Isi tinta printer : Rp.
40.000,-
-
Service Printer : Rp.
150.000,-
-
Terminal :
Rp. 150.000,-
-
Amplop :
Rp. 12.000,-
-
Spanduk Kegiatan KKN : 2X@
Rp. 38.000,- Rp. 76.000,-
TOTAL: RP. 710.000,-
- Bidang Lingkungan
-
Tempat sampah
15X@30.000,- Rp. 450.000,-
-
Pembelian bibit tanaman bayam
dan Kangkung Rp. 300.000,-
-
Pembelian tanaman obat Rp. 320.000,-
TOTAL: Rp.1.070.000,-
- Bidang Ekonomi
-
Dana transportasi Rp.
100.000,-
-
Dana Pemateri Rp.
200.000,-
-
Pembelian kain panel Rp.
150.000,-
-
Pembelian alat jahit Rp.
95.000,-
-
Pembelian Buah mangga Rp.
100.000,-
TOTAL: Rp.
645.000,-
REKAPITULASI DANA
1. Bidang Pendidikan
Rp. 710.000,-
2. Bidang Lingkungan Rp.
1.070.000,-
3. Bidang Ekonomi
Rp. 645.000,-
TOTAL Rp.
2.425.000,-
keren kerenn...
BalasHapusdipublikasikan ni ya