SILABUS SMA/MA
Mata
Pelajaran : BAHASA INGGRIS -
WAJIB
Kelas : X
Kompetensi
Inti :
KI 2
: Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
: Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan Komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.1.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemaparan jati diri, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.1.
Menyusun teks lisan dan
tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon pemaparan jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
|
Teks lisan dan tulis
sederhana, untuk memaparkan, menanyakan, dan merespon
pemaparan jati diri
Fungsi sosial
Menjalin
hubungan dengan guru, teman dan orang lain
Ungkapan
My name is...
I’m ... I live in ... I have … I like …. dan semacamnya
Unsur kebahasaan:
(1)
Kata terkait dengan
hubungan kekeluargaan dan kekerabatan, profesi pekerjaan, hobi.
(2)
Kata kerja dalam simple
present tense: be, have dalam simple present tense
(3)
Kata tanya What? Who? Which?
(4)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku
terbuka, menghargai perbedaan, perdamaian.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/membaca pemaparan jati diri dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan menuliskan pemaparan jati diri yang digunakan.
Mempertanyakan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa
mempertanyakan antara lain, perbedaan antara berbagai pemaparan
jati diri dalam bahasa
Inggris, perbedaannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa mempertanyakan pengucapan dan isi
teks yang memaparkan jati diri
Mengeksplorasi
· Siswa mencari pemaparan jati diri
dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih memaparkan jati diri
dengan teman melalui simulasi.
·
Siswa
berlatih memaparkan jati diri
melalui tulisan
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis ungkapan memaparkan
jati diri dengan mengelompokannya berdasarkan penggunaan.
· Secara berkelompok siswa mendiskusikan
ungkapan memaparkan jati diri yang mereka temukan dari sumber lain dan membandingkannya
dengan yang
digunakan guru
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa mendemonstrasikan penggunaan pemaparan
jati diri secara lisan dan tertulis di kelas dengan memperhatikan fungsi
sosial, ungkapan, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memaparkan jati
diri dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks
memaparkan dan menanyakan
jati diri
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
· Melakukan monolog yang menyebutkan jati
diri didepan kelas
· Ketepatan menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyebutkan
jati diri
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
· Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar berupa
rekaman penggunaan ungkapan dan skrip percakapan
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary,
jurnal, format khusus, komentar, atau
bentuk penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal
dengan guru dan teman.
3.2.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap
serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2.
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon pujian bersayap, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk memuji bersayap
(extended) serta responnya
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
“Excellent! You really did it well, Tina.” “That’s nice, Anisa. I really like it.” “It
was great. I like it, thank you,”
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi memuji bersayap.
· Siswa mengikuti interaksi memuji bersayap.
· Siswa menirukan model interaksi memuji bersayap
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
interaksi memuji bersayap (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antara berbagai ungkapan memuji bersayap dalam bahasa Inggris,
perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan
menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa memuji bersayap dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan memuji bersayap
yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
· Siswa memuji dengan bahasa Inggris, di
dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam
menggunakan bahasa Inggris untuk memuji dalam jurnal
belajar (learning journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks memuji bersayap
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain
peran (role play) dalam bentuk
interaksi yang berisi pernyataan pujian dan responnya .
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan pujian serta responnya
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan pujian dan responnya
ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan Komunikasi
|
1 x 2 JP
|
· Audio CD/
· SUARA GURU
· Koran/ majalah ber
|
|||||||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1.
Menunjukkan perilaku santun
dan peduli dalam melaksanakan Komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
3.3.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan menunjukan perhatian
(care), serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.3.
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon
ungkapan perhatian (care), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk
menunjukkan perhatian (care)
Fungsi sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman dan orang lain.
Ungkapan
Ungkapan untuk
memberi perhatian dan cara meresponnya: You
look pale . Are you OK? Not, really. I’ve got a headache.
Unsur kebahasaan:
Ucapan, tekanan
kata, intonasi
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/menonton interaksi menunjukkan perhatian.
·
Siswa mengikuti interaksi
menunjukkan perhatian.
·
Siswa menirukan model
interaksi menunjukkan perhatian.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukkan perhatian.
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan (questioning)
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain perbedaan antara
berbagai ungkapan menunjukan perhatian dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
Siswa menunjukan perhatian dengan
bahasa Inggris dalam konteks simulasi,
role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan ungkapan menunjukan
perhatian yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan antara ungkapan
dalam bahasa Inggris dan dalam bahasa siswa.
Mengkomunikasikan
·
Siswa menunjukan perhatian dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
·
Siswa menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukan perhatian dalam jurnal belajar (learning
journal).
|
Kriteria Penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks menunjukkan perhatian
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Bermain
peran (role play) dalam bentuk
interaksi yang berisi pernyataan dan pertanyaan untuk menunjukkan perhatian
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ungkapan untuk menunjukkan
perhatian
Pengamatan
(observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
· Upaya menggunakan bahasa Inggris untuk menunjukkan perhatian (care)
ketika muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan.
· Kesantunan dan kepedulian dalam
melaksanakan Komunikasi
|
1 x 2 JP
|
· Audio CD/
· SUARA GURU
· Koran/ majalah ber
|
|||||||
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.4.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk
menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu, sesuai dengan
konteks penggunaannya
4.4.
Menyusun teks
lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan
sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks
|
Teks lisan dan tulis pernyataan dan pertanyaan tentang niat
melakukan sesuatu
Fungsi Sosial
Menyatakan rencana
Struktur Teks
‘I’d like to
tell my name,’ I will tell him about my job, I’m going to introduce my friend
Unsur Kebahasaan
Kata kerja I’d like to .., I will .., I’m going to ...; tata bahasa, ucapan, tekanan kata, intonasi,
ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
|
Mengamati
·
Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam
berbagai konteks
· Siswa
mengikuti interaksi tentang pernyataan dan pertanyaan tentang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dengan
bimbingan guru
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
· Dengan
bimbingan dan arahan guru siswa mengidentifikasi ciri kalimat yang menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antara berbagai ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris, perbedaan
ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain dsb.
Mengekslorasi
· Siswa menyatakan
dan menanyakan tentang niat
melakukan sesuatu dalam konteks simulasi, role-play dan kegiatan lain
yang terstuktur
· Siswa berusaha
menyatakan dan bertanya tentang niat melakukan sesuatu
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan antara ungkapan niat
melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris yang telah dipelajari dengan yang ada
dari berbagai sumber lain.
· Siswa membandingkan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa inggris dan dalam bahasa
Indonesia
Mengkomunikasikan
· Setiap menyatakan dan menanyakan
ungkapan tentang niat melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris di dalam dan di luar kelas
· Siswa menuliskan permasalahan dalam jurnal belajar (learning journal)
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks pernyataan dan pertanyaan tentang niat
melakukan sesuatu
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observasi)
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
· Upaya menggunakan Bahasa Inggris untuk menyatakan
dan menanyakan tentang niat melakukan sesuatu ketika
muncul kesempatan.
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
· Berperilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.5.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari ungkapan ucapan selamat bersayap, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.5.
Menyusun teks lisan
dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap
(extended), dengan memperhatikan tujuan, struktur teks, dengan
memperhatikan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai dengan konteks.
|
Teks lisan dan tulis untuk
mengucapkan dan merespon ucapan selamat bersayap (extended)
Fungsi Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
Struktur text
Ungkapan baku
dari sumber-sumber otentik.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata dan tata bahasa baku
(2)
Ejaan dan tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku peduli dan cinta damai.
|
Mengamati
· Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari
berbagai sumber (a.l. film, tape, surat kabar, majalah).
· Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut
dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Dengan bimbingan dan arahan
guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat
(fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan(questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai pesan yang berisi ucapan selamat dalam
bahasa Inggris, perbedaan ungkapan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,
kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Mengeksplorasi
· Siswa secara mandiri dan dalam kelompok mencari ucapan
selamat yang lain dari berbagai sumber
· Siswa bergantian
membacakan ucapan selamat dengan unsur kebahasaan yang tepat
· Siswa
mengucapkan dan merespon ucapan selamat yang disampaikan teman dan guru.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan berbagai ucapan selamat terkait
dengan tujuan, struktur teks, dan unsur kebahasaan, dilihat dari segi
ketepatan, efisiensi, efektivitasnya.
· Siswa memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang hasil analisis yang
disampaikan dalamkerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa berkreasi membuat teks-teks
ucapan selamat dan menyampaikannya di depan guru dan teman untuk mendapat
feedback.
· Siswa membuat kartu ucapan selamat
· Siswa memperoleh feedback dari guru dan teman sejawat
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks ucapan selamat bersayap
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Unjuk kerja
· Melakukan role-play (bermain
peran)
menggunakan ungkapan berbentuk pesan berisi ucapan
selamat serta responnya dalam situasi nyata
· Ketepatan
dan kesesuaian menggunakan struktur dan unsur kebahasaan dalam menyampaikan ucapan selamat bersayap serta responnya
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian formal seperti tes, tetapi untuk tujuan
memberi balikan. Sasaran penilaian:
· Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks berisi
ucapan selamat
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog.
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks ucapan selamat berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
·
Kumpulan hasil tes dan
latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung
jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
3.6.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada pernyataan dan pertanyaan
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.6.
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan, yang benar dan sesuai konteks.
|
Tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya
(Past Simple dan Present Perfect Tense)
Fungsi sosial
Menyatakan dan menanyakan tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya
Struktur teks
I had plowed into a big green Buick. I hollered farewells to my
friends and poured myself into the car
My friend has prepared everything before we
left
Unsur kebahasaan
(1) Past Simple, Present Perfect
(2) Tata bahasa, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, tanda baca, tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
Topik
Berbagai hal terkait
dengan interaksi antara guru dan siswa selama proses pembelajaran, di dalam
maupun di luar kelas.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan dan membaca banyak kalimat Past Simple dan Present perfect tense, dalam berbagai
konteks.
· Siswa berinteraksi menggunakan kalimat Past Simple dan Present perfect tense selama proses
pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa menirukan contoh-contoh kalimat Past Simple dan Present Perfect tense,
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri
kalimat Past Simple dan Present Perfect tense, (fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai past
simple dan present perfect yang
ada dalam bahasa Inggris, dan
perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia.
Mengeksplorasi
·
Siswa menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur.
·
Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan
yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa Inggris selama proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan kalimat Past Simple dan Present Perfect tense yang telah
dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya.
· Siswa membandingkan antara kalimat Past Simple dan Present Perfect tense dalam bahasa
Inggris dengan kalimat tentang
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya dalam bahasa ibu atau bahasa
Indonesia.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi
di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada
kesudahannya dengan bahasa Inggris, di dalam dan di luar kelas.
· Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di
waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada
kesudahannya dalam jurnal belajarnya.
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian:
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian
· Perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan Komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks
· Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan karya siswa yang mencerminkan hasil atau capaian belajar
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara
penilaian lainnya
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkankan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
3.7.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.8.
Menangkap makna dalam teks
deskriptif lisan dan tulis sederhana.
4.9.
Menyunting teks deskriptif
lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks.
4.10. Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sederhana tentang orang, tempat
wisata, dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan tujuan,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks.
.
|
Teks deskriptif lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, tempat wisata,
dan bangunan bersejarah terkenal
Fungsi sosial
Membanggakan,
mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengritik, mempromosikan, dsb.
Struktur text
(1)
Penyebutan nama orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan nama bagian-bagiannya
yang dipilih untuk dideskripsikan
(2)
Penyebutan sifat orang,
tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal dan bagiannya, dan
(3)
Penyebutan tindakan dari
atau terkait dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal.
yang semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak
dicapai.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata benda yang terkait
dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(2)
Kata sifat yang terkait
dengan orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah terkenal
(3)
Ejaan dan tulisan tangan
dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan tentang perilaku
toleran, kewirausahaan, nasionalisme, percaya diri.
|
Mengamati
· Siswa memperhatikan / menonton beberapa contoh teks/ film
tentang penggambaran orang, tempat wisata, dan bangunan bersejarah.
· Siswa menirukan contoh secara
terbimbing.
· Siswa belajar menemukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai teks deskripsi yang ada dalam bahasa Inggris,
perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia
· Siswa mempertanyakan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks deskriptif
Mengeksplorasi
·
Siswa secara kelompok membacakan
teks deskriptif lain dari berbagai
sumber dengan pengucapan, tekanan kata dan intonasi yang tepat
·
Siswa berpasangan menemukan gagasan pokok, informasi rinci
dan informasi tertentu serta fungsi sosial dari teks deskripsi yang dibaca/didengar.
·
Siswa menyunting teks deskripsi yang
diberikan guru dari segi struktur dan kebahasaan
· Berkelompok, siswa menggambarkan tempat wisata lain dalam konteks
penyampaian informasi yang wajar terkait dengan tujuan yang hendak dicapai
dari model yang dipelajari
Mengasosiasi
· Dalam kerja kelompok terbimbing siswa
menganalisis dengan membandingkan berbagai teks yang menggambarkan
orang, tempat wisata, bangunanan bersejarah terkenal dengan fokus pada struktur teks, dan unsur kebahasaan.
· Siswa mengelompokkan teks deskripsi sesuai dengan fungsi
sosialnya.
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang setiap
yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Berkelompok, siswa menyusun teks deskripsi tentang orang/ tempat wisata/
bangunan bersejarah sesuai dengan fungsi sosial tujuan, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa
menyunting deskripsi yang dibuat teman.
· Siswa menyampaikan deskripsinya didepan guru dan teman dan mempublikasikannya di mading.
· Siswa membuat kliping deskripsi tentang orang, tempat wisata atau bangunan bersejarah yang mereka sukai.
· Siswa membuat laporan evaluasi diri secara tertulis tentang pengalaman
dalam menggambarkan tempat wisata dan bangunan termasuk menyebutkan dukungan
dan kendala yang dialami.
· Siswa dapat menggunakan ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks deskriptif
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
·
Kesesuaian format penulisan/
penyampaian
Unjuk kerja
· Melakukan monolog tentang deskripsi orang,
tempat wisata, bangunan bersejarah terkenal di depan kelas / berpasangan
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur
teks dan unsur
kebahasaan dalam membuat teks deskriptif
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian
· Perilaku
tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan Komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian dalam menyampaikan dan menulis teks deskriptif
· Kesungguhan siswa dalam proses
pembelajaran dalam setiap tahapan
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
·
Kumpulan catatan kemajuan
belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks
deskriptif.
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks diskriptif berupa: draft, revisi, editing sampai hasil
terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
· Bentuk:
diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
|
9 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.8.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
4.11. Menangkap makna pemberitahuan (announcement).
4.12. Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement),
sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
Teks tulis berbentuk announcement (pemberitahuan)
Fungsi sosial
Memberikan informasi dengan atau tanpa perintah atau petunjuk yang harus
diikuti, untuk memperlancar informasi antara guru, siswa, kepala sekolah, dan
staf administrasi
Struktur Teks
Ungkapan yang lazim digunakan dalam teks announcement di media massa maupun di internet, secara urut dan
runtut.
Unsur kebahasaan
Kosa kata , tata bahasa, ucapan, rujukan kata, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan
tanda baca yang tepat, dengan pengucapan yang lancar dan penulisan dengan
tulisan tangan atau cetak yang jelas dan rapi
Multimedia:
Layout, dekorasi, yang membuat
tampilan teks lebih menarik
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/membaca teks announcement
dari berbagai sumber dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur
kebahasaan, maupun format penyampaian/penulisannya.
· Siswa mencoba menirukan pengucapannya dan
menuliskan teks yang digunakan.
·
Siswa belajar membaca cepat
untuk mendapat gambaran umum dari teks melalui proses skimming dan scanning
untuk mendapatkan informasi khusus.
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan berbagai teks pemberitahuan dalam bahasa Inggris, perbedaan teks pemberitahuan dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan
lain, dsb.
· Mengeksplorasi
· Siswa mencari teks lain untuk mendengarkan/membaca teks announcement dengan strategi yang
digunakan dari berbagai sumber.
· Siswa berlatih membaca teks announcement
dengan strategi yang digunakan bersama teman
Mengasosiasi
· Siswa menganalisis teks announcement
dengan memperhatikan format penulisannya melalui strategi yang digunakan.
· Siswa membandingkan teks announcement
yang didengar/dibacakan dari guru dengan yang dipelajari dari berbagai sumber
lain.
· Secara berkelompok siswa mendiskusikan teks announcement yang mereka temukan dari sumber lain.
· Siswa memperoleh balikan (feedback)
dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang sampaikan
dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa membuat
teks announcement dalam kerja kelompok
· Siswa menyampaikan
pemberitahuan secara tertulis dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
· Membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
Kriteria penilaian:
·
Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan
struktur teks
announcement
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Unjuk kerja
· Melakukan monolog dalam bentuk pemberitahuan (announcement) di depan kelas
·
Ketepatan dan kesesuaian
dalam menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan dalam teks pemberitahuan
(announcement)
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
- kesantunan saat melakukan tindakan komunikasi
-
perilaku
tanggung jawab,
peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam
melaksanakan
komunikasi
-
Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran di setiap tahapan
- Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog teks
pemberitahuan
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks
pemberitahuan berupa: draft, revisi, editing sampai hasil terbaik
untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai,
dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9.
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang pengalaman/kejadian/peristiwa, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
4.13.Menangkap
makna dalam teks recount lisan dan
tulis sederhana.
4.14.Menyusun
teks recount lisan dan tulis
sederhana tentang pengalaman/ kegiatan/kejadian/peristiwa, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai dengan konteks
|
Teks recount lisan dan tulis, sederhana, tentang pengalaman /kegiatan/
kejadian/peristiwa.
Fungsi sosial
Meneladani,
membanggakan, bertindak teratur,
teliti dan disiplin, melaporkan.
Struktur
a.
Menyebutkan
tindakan/ peristiwa/kejadian secara umum
b.
Menyebutkan
urutan tindakan/ kejadian/peristiwa secara kronologis, dan runtut
c.
Jika
perlu, ada kesimpulan umum.
Unsur kebahasaan
(1)
Kata-kata terkait dengan
perjuangan hidup, profesionalisme dalam bekerja, kejadian/peristiwa yang
sedang banyak dibicarakan.
(2)
Penyebutan kata benda
(3)
Ejaan dan tulisan tangan
dan c etak yang jelas dan rapi
(4)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(5)
Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku kewirausahaan, daya juang, percaya diri, tanggung jawab,
disiplin.
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks recount tentang
pengalaman/kegiatan/kejadianb/peristiwa yang diberikan/
diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa belajar menentukan gagasan pokok, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks recount
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan berbagai
teks tentang
pengalaman/kejadian/peristiwa yang ada dalam bahasa Inggris, perbedaan teks
dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia,.
·
Siswa mempertanyakan
mengenai gagasan pokok informasi rinci
dan informasi tertentu dalam recount
Mengeksplorasi
· Siswa mencari beberapa text recount dari
berbagai sumber.
· Siswa berlatih menemukan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks
· Siswa membacakan teks recount kepada
teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
·
Siswa berlatih menysun kalimat-kalimat yang diberikan menjadi text
recount.
· Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks recount lisan dan tulis,
sederhana, tentang pengalaman/kegiatan/ kejadian/peristiwa dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa saling
menganalisis teks recount tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur, dan
unsur kebahasaan.
· Siswa mendiskusikan gagasan pokok,
informasi rinci dan informasi tertentu dari teks.
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa membuat teks recount sederhana tentang
keteladanan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya.
· Siswa mempresentasikannya di kelas
· Siswa membuat kliping teks recount dengan menyalin dari beberapa sumber.
· Siswa membuat jurnal belajar (learning
journal)
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
· Kelengkapan dan keruntutan struktur teks recount
· Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata,
intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
· Kesesuaian format
penulisan/ penyampaian
Cara Penilaian
Unjuk kerja
· Melakukan monolog dalam bentuk recount dalam kelompok / berpasangan/
didepan kelas
·
Ketepatan dan kesesuaian
dalam menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan dalam teks recount
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
- kesantunan saat melakukan tindakan
-
perilaku
tanggung jawab,
peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
-
Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran di setiap tahapan
- Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog
teks recount.
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks recount berupa:
draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
· Bentuk: diary, jurnal, format khusus,
komentar, atau bentuk penilaian lain
· Siswa diberikan pelatihan sebelum dituntut untuk melaksanakannya.
|
7
x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1.
Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international
yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional.
3.9.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.15. Menangkap
makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda, sederhana
|
Teks naratif lisan dan tulis berbentuk legenda sederhana.
Fungsi sosial
Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur
a.
Pengenalan
tokoh dan setting
b.
Komplikasi
terhadap tokoh utama
c.
Solusi
dan akhir cerita
Unsur kebahasaan
(3) Kata-kata terkait karakter, watak,
dan setting dalam legenda
(4) Modal auxiliary verbs.
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan c etak yang jelas dan rapi
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
(6) Rujukan kata
Topik
Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
|
Mengamati
· Siswa menyimak berbagai contoh teks legenda yang diberikan/ diperdengarkan guru
· Siswa mengamati fungsi sosial, struktur dan unsur kebahasaannya
· Siswa mengamati keteladanan dari cerita legenda
· Siswa belajar menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu dari teks legenda
Mempertanyakan (questioning)
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan antar berbagai teks naratif yang ada dalam bahasa Inggris,
perbedaan teks dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
·
Siswa mempertanyakan
gagasan utama, informasi rinci dan informasi tertentu
Mengeksplorasi
· Siswa membaca beberapa text legenda dari berbagai
sumber.
· Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi rinci dan informasi
tertentu
·
Siswa melengkapi rumpang dari beeberapa teks legenda sederhana
· Siswa secara
berkelompok menuliskan /menyalin teks recount dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur, dan unsur kebahasaan dengan runtut
· Siswa membacakan
teks recount kepada teman dengan menggunakan unsur kebahasaan yang tepat
Mengasosiasi
· Secara berpasangan siswa menganalisis beberapa teks legenda dengan
fokus pada fungsi sosial, struktur, dan unsur kebahasaan
·
Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru
dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
Mengkomunikasikan
· Siswa menyampaikan informasi fungsi
social, struktur, dan unsure kebahasanyang ditemukan setelah membaca teks
legenda.
· Siswa menceritakan kembali teks legenda
sederhana yang dibaca dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur dan unsur kebahasaannya.
· Siswa membuat kliping teks legenda dengan menyalin dan beberapa
sumber.
· Siswa membuat ‘learning journal’
|
Kriteria penilaian:
· Pencapaian fungsi sosial
·
Kelengkapan dan keruntutan struktur teks
naratif
·
Ketepatan unsur kebahasaan:
tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan
tangan
· Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
Unjuk kerja
· Melakukan monolog dalam bentuk teks naratif dalam kelompok / berpasangan/
didepan kelas
· Menggunakan struktur teks dan
unsur kebahasaan dalam teks naratif
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan.
Sasaran penilaian:
· Berperilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama,
dan cinta damai, dalam melakukan Komunikasi
· Ketepatan dan kesesuaian menggunakan strategi dalam membaca
·
·
Kesungguhan siswa dalam
proses pembelajaran di setiap tahapan
Portofolio
· Kumpulan catatan kemajuan belajar berupa catatan atau rekaman monolog
teks naratif
· Kumpulan karya siswa yang mendukung proses penulisan teks naratif berupa:
draft, revisi, editing sampai hasil terbaik untuk dipublikasi
· Kumpulan hasil tes dan latihan.
· Catatan atau rekaman penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa
komentar atau cara penilaian lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
6 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam
melaksanakan komunikasi fungsional
3.11. Menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu.
4.16. Menangkap makna lagu sederhana.
|
Lagu sederhana
Fungsi sosial
Menghibur,
mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
Unsur kebahasaan
(1)
Kata, ungkapan, dan tata
bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)
Ejaan dan tulisan tangan
dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)
Ucapan, tekanan kata,
intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik
Keteladanan
tentang perilaku yang menginspirasi.
|
Mengamati
· Siswa mendengarkan/membaca beberapa lirik
lagu berbahasa
Inggris dan menyalinnya
· Siswa menirukan
penguncapan dengan menyanyikan sesuai dengan lagu yang didengar
Mempertanyakan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain
perbedaan pesan yang ada dalam lagu bahasa Inggris, perbedaan lagu dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia.
· Siswa memperoleh pengetahuan tambahan
tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
Mengeksplorasi
·
Siswa membacakan lirik lagu yang disalin kepada teman sebangku
·
Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan dan tekanan kata
yang tepat
·
Siswa berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
Mengasosiasi
· Secara individu siswa membandingkan
pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang dibaca/didengar
·
Siswa membuat kumpulan lagu- lagu yang bertema
perdamaian dengan menyalin
Mengkomunikasikan
·
Siswa melaporkan kumpulan lagu favorit mereka yang sudah
dianalis tentang pesan di dalam lagu-lagu tersebut
·
Antarsiswa melakukan penilaian terhadap kumpulan lagu yang dibuat.
|
Pengamatan (observations):
Bukan penilaian
formal seperti tes, tetapi untuk tujuan memberi balikan. Sasaran penilaian:
-
Perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama dan cinta damai dalam melaksanakan Komunikasi
-
Ketepatan dan kesesuaian
dalam pengucapan dan penyalinan lirik lagu
-
Kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran dalam setiap tahapan
Portofolio
·
Kumpulan kemajuan siswa
berupa kumpulan lagu yang disalin dengan tulisan tangan beserta kesan
terhadap lagu
·
kumpulan hasil tes dan
latihan.
·
Catatan atau rekaman
penilaian diri dan penilaian sejawat, berupa komentar atau cara penilaian
lainnya
Penilaian Diri dan Penilaian
Sejawat
Bentuk: diary, jurnal, format khusus, komentar, atau bentuk penilaian lain
|
2 x 2 JP
|
· Audio CD/ VCD/DVD
· www.youtube
· SUARA GURU
· Koran/ majalah berbahasa Inggris
|
|||||||
Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com