BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Arti Supervisi menurut asal usul (etimologi), bentuk perkataannya
(morfologi), maupun yang terkandung dalam perkataan itu ( semantik). Secara
morfologis, Supervisi berasal dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision.
Super berarti diatas dan vision berarti melihat, masih serumpun dengan inspeksi
Pendidikan adalah usaha sadar yang dengan sengaja
dirancangkan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pendidikan bertujuan
untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu usaha untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah melalui proses pembelajaran di
sekolah. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya pendidikan, guru
merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan
terus-menerus. Pembentukan profesi guru dilaksanakan melalui program pendidikan
pra-jabatan maupun program dalam jabatan. Tidak semua guru yang dididik di
lembaga pendidikan terlatih dengan baik dan kualified. Potensi sumber daya guru
itu perlu terus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara
potensial. Selain itu pengaruh perubahan yang serba cepat mendorong guru-guru
untuk terus-menerus belajar menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi serta mobilitas masyarakat. Masyarakat mempercayai,
mengakui dan menyerahkan kepada guru untuk mendidik tunas-tunas muda dan
membantu mengembangkan potensinya secara professional. Kepercayaan,
keyakinan, dan penerimaan ini merupakan substansi dari pengakuan masyarakat terhadap
profesi guru. Implikasi dari pengakuan tersebut mensyaratkan guru harus
memiliki kualitas yang memadai. Tidak hanya pada tataran normatif saja namun
mampu mengembangkan kompetensi yang dimiliki, baik kompetensi personal,
professional, maupun kemasyarakatan dalam selubung aktualisasi kebijakan
pendidikan.
Hal tersebut lantaran guru merupakan penentu
keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan
eksperiensial, sehingga upaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari
aspek "guru" dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas
keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang
professional. Oleh
karena itu, kita perlu mempelajari bagaimana perkembangan Pendidikan
1.2
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini
adalah untuk mengetahui Sistem Pendidikan yang ada di negara kita.
1.3 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang hendak dibahas dalam
makalah ini adalah mengapa guru memerlukan layanan supervisi pendidikan dan
bagaimana upaya yang dapat dilakukan dalam pembinaan profesional melalui
supervisi pengajaran sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru.
1.4 Sumber Data
Sumber
data pembuatan makalah ini diperoleh
dari studi literatur, yakni buku-buku yang berkaitan dengan permasalahan yang
terkait dan eksplorasi informasi melalui Internet.
1.5 Manfaat
Dari Pembuatan makalah ini, bisa
diambil beberapa manfaat yaitu :
-
Dapat
mengetahui pengertian supervisi (kepengawasan)
-
Dapat
mengetahui fungsi sebagai supervisor
-
Dapat
mengetahui ciri –ciri supervisor yang baik
-
Dapat
mengetahui pengertian profesionalisme sebagai supervisor
-
Dapat
mengetahui tugas – tugas supervisor
0 komentar:
Posting Komentar