BAB
III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Pada
dasarnya setiap sekolah sudah menyelenggarakan sistem pengelolaan yang baik,
tetapi sistem yang efektif kurang dilaksanakan. Ketidak disiplinan dalam
penggunaan anggaran, serta pemimpin yang boros selalu menjadi fenomena
tersendiri. Untuk itu diperlukan kepemimpinan dan manajemen pengelolaan yang
efektif menuju keseimbangan antara sistem yang ada dalam mendistribusikan
sumbersumber dana pendidikan di Indonesia.
3.2 SARAN
Masalah
keuangan harus dipecahkan secara bersama jika kita ingin mendapatkan peluang
yang maksimal bagi semua sekolah agar dapat berkembang. Usaha dan pendanaan
mandiri merupakan cara pemecahan yang sangat hakiki bagi sekolah yang
benar-benar ingin berkembang. Jika berkaitan dengan masalah keuangan, maka
sebaiknya digunakan sistem manajemen terbuka. Dengan manajemen terbuka, maka
semua keadaan sekolah baik atau buruk bisa diketahui oleh siapa saja.
DAFTAR
PUSTAKA
Suryobroto,
Manajemen Pendidikan Di Sekolah. 2004. Jakarta. Rineka Cipta.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. 2007. Bandung. Remaja
Rosda Karya.
Danim,
Sudarwan., dan Khairil. Profesi Kependidikan. 2011. Bandung. CV Alfabeta.
Dimock,
ME. dkk. Administrasi Negara. 1992.
Jakarta: Rineka Cipta.
Idhochi
Anwar, Moch. Administrasi Pendidikan dan
Manajemen Pendidikan Teori, Konsep dan Isu,
0 komentar:
Posting Komentar