BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Desentralisasi tidak lagi suatu konsep tetapi mulai
diimplementasikan pada semua tingkat manajemen, tidak terkecuali pada tatanan
kelembagaan sistem maupun satuan pendidikan, baik pada jalur pendidikan formal
maupun nonformal, dilingkungan persekolahan atau diluar persekolahan. Implementasi
pada tatanan kelembagaan pendidikan sungguh sangat berarti, karena fungsi dan
peranan kelembagaan tersebut sangat stratejik dalam pembangunan peradaban
bangsa.
Pada bab ini, kita akan mencoba mempelajari dua aspek
penting, yaitu: makna yang hakiki
desentralisasi dalam manajemen pendidikan, dan ruang lingkup desentralisasi
dalam administrasi dan manajemen pendidikan.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka
yang menjadi permasalahan dan diungkapkan dalam makalah ini adalah :
1 Apakah Pengertian Desentralisasi Sistem Pendidikan Nasional?
2 Apakah Hakikat Desentralisasi Manajemen Pendidikan?
3 Bagaimanakah Proses Organisasi Kelembagaan Pendidikan?
4 Apa Sajakah Ruang Lingkup Desentralisasi Manajemen Pendidikan?
5 Bagaimanakah Konsep Umum Standarisasi Mutu Sarana
dan Prasarana Pendidikan?
6 Apakah Prinsip-prinsip dalam Pengembangan dan
Inovasi Sarana dan Prasarana Pendidikan?
1.3.Manfaat
Dengan dibuatnya
makalah ini diharapkan pembaca dapat memperoleh informasi mengenai Desentralisasi
Sistem Pendidikan Nasional,
dengan demikian semoga mahasiswa akan dapat memahami lebih jauh dan tidak buta
akan desentralisaii pendidikan yang ada di lembaga pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar